Ujian Nasional

Ujian Nasional


Nah, mungkin sekarang teman-teman semua sudah pada pusing mikirin ujian nasional tahun depan, katanya bulan september 2013 ini sudah keputusan final ujian nasional, jadi nanti akan dipertemukanpihak yang pro dan kontra tentang UN, mungkin tidak disadari bahwa banyak cara belajar yang salah pada sisiwa sekarang sperti sistem kebut semalam, atau cara pembelajaran yang sudah biasa. pada kesempatan kali ini saya akan berbagi tips tentang cara pembelajaran yang menarik dan mungkin bisa bermanfaat kepada kita semua :
  1. Aturlah waktu belajar yang membuat anda nyaman
  2. Pilih tempat yang membuat anda menikmati pembelajaran
  3. Setiap kali pembelajaran harus ada topik atau materi yang disiapkan sehingga tidak bingung mau belajar apa.
  4. Belajar dengan sungguh-sungguh, apabila ada kesulitan silahkan belajar kelompok
  5. Belajar dengan cara yang menarik, unik dan menyenangkan karena menurut Ahli Ingatan yang juga merupakan CEO dari Perusahaan Memrise, Ed Cooke, menjelaskan bahwa untuk mengatasi kebosanan tersebut dibutuhkan cara kreatif agar lebih mudah mengingat informasi yang dipelajari. Salah satu cara efektif yang sebenarnya sudah sering dilakukan adalah dengan menggunakan mnemonic atau metode menyingkat informasi penting menjadi kata yang menarik sehingga mudah diingat.

    "Orang lebih mudah mengingat suatu yang unik, nyata dan menyenangkan. Orang tentu saja lebih ingat saat ia dicium Scarlet Johansson daripada perbedaan antara alkana dan alkena," kata Ed. misalnya:
  • menggunakan media pembelajaran visual
  • menggunakan permainan-permainan dalam belajar
  • mebuat kuis-kuis pembelajaran sebelum dan sesudah pembelajaran
  • bisa juga belajar dengan di iringi musik apabila itu membuat anda nyaman 
    6. Usahakan tidak terjadi pemaksaan pada diri anda ketika ingin belajar
    7. Nikmati setiap proses belajar yang anda lakukan
dan satu pesan saya ketika anda ingin menghadapi ujain asionalmintalah doa kepada semua orang dan belajar dengan sungguh-sungguh.

2 komentar