Merapi dan Sejuta Pesonanya

MERAPI
Sunrise Merapi

Perjalanan ke merapi di mulai pada tanggal 15-Mei-201, ini penulis lagi kebetulan praktik industri di Kota Jogjakarta dan disini juga ada teman lama yang lagi kuliah di Kota Pendidikan ini, dan kebetulan pula dia anak mapala, lumayan lah ada guide untuk memandu perjalanan saya ke merapi.

Perjalanan dimulai pada malam hari sekitar jam 19.00 wib dari Kota Jogja dengan 6 orang menggunakan  3 buah sepeda motor, perjalanan dari kota Jogja menuju basecamp selo menghabiskan waktu sekitar 3 jam perjalanan, tepat pada pukul 22.00 kami berangkat dari basecamp, pendakian dilakukan malam hari karena waktu yang mepet, sebenarnya ini  hal yang tidak patut ditiru karena malam hari jarak pandang kita berkurang dan bahaya bisa ada dimana-mana.
Basecamp Barameru Selo
Foto di atas adalah basecamp barameru pada saat siang hari yang saya dapat dari google, link saya bagi di bawah ya heheh kalau foto malam hari gelap kawan , sebelum pendakian kita wajib daftar dulu ya kawan, buat registrasi dan pengawasan apabila terjadi apa-apa, setelah dari basecamp itu dengan ditemani headlamp kami mulai meniti langkah menuju pos 1 dengan kekuatan 6 orang saling bantu membantu akhirnya pos 1 bisa kami lewati, di pos 1 kami melakukan istirahat sejenak untuk mengumpulkan tenaga lagi, kemudian setelah itu kami berjalan menuju pos 2 dan tepat pukul 02.00 dini hari kami sampai pada pos 2, karena ada beberapa rekan yang sudah mulai kedinginan dan akhirnya kami memutuskan untuk mendirikan tenda sambil memasak air hangat untuk menghangatkan tubuh.
Pos 1 pada siang hari

Pos 2 pada siang hari

setelah istirhat sebentar dengan sedikit diskusi dengan teman-teman saya, akhirnya saya pada pukul 04.00 subuh melakukan proses menuju ke puncak merapi tetapi untuk ke puncak ini sangat tidak di rekomendasikan karena bahaya nya tinggi dan kebetulan apda hari yang sama ada kawan kita yang jatuh dari puncak ke daerah kawan, minta doanya buat rekan kita yang nasibnya kurang baik pada hari itu ya. oke lanjut lagi dengan cerita menuju puncak tepat pada pukul 05.00 matahari mulai menampakkan sinar gagahnya di hadapan para pendaki dan saya berhenti sejenak hanya untuk mengambil momen tersebut dengan kamera ponsel saya.

setelah dirasa cukup untuk mengabadikan momen tersebut saya melanjutkan perjalanan menuju puncak tepat pada pukul 05.30 saya sudah berhasil mencapai puncak, dan memutuskan untuk menikmati mentari di tempat tersebut sejenak dan di bawah ini saya kasih beberapa foto yang berhasil saya tangkap

cukup kau nikmati dan jaga saja alam ini kawan, rawat dia dan jangan kau membuat kerusakan terhadapnya, setelah puas mengambil foto saya melanjutkan perjalanan ke puncak merapi dengan tenaga yang tersisa dan semangat di jiwa akhirnya saya berhasil sampai di puncak merapi, subhanallah ciptaan yang maha kuasa luar biasa indahnya tak terkira seperti kata komentator bola yaitu " GANTENG MAKSIMAL ". di bawah ini adalah beberapa foto hasil dari puncak merapi

kawan-kawan boleh bawa kertas ke atas untuk nulis nama teman atau mungkin pacar tapi satu yang harus kita ingat sampahnya tolong jangan tinggal di gunung ya, sekarang banyak sampah kertas di gunung yang berserakan, itu gunung apa tempat fotocopy. kemudia dari puncak saya coba menengok ke arah kawah, setelah cukup di puncak maka saya mencoba untuk turun kembali ke pos 2 karena perut juga sudah terasa lapar dan juga matahari mulai terik, saya sampai pasar bubrah sekitar pukul 09.00 pagi dan melanjutkan perjalanan ke pos 2 setelah dari pos 2 saya mulai turun menuju basecamo bersama teman-teman dari pukul 15.00 sore hari dengan tenaga yang tersisa dan pengalaman yang banyak dari puncak kami tetap semangat berjalan turun setapak demi setapak di bebatuan merapi.

mungkin itu sedikit cerita dari perjalanan saya, sampai basecamp udah jam 19.00 malam dan lanjut lagi pulang ke kota jogja untuk beristirahat, ingat kawan-kawan gunung bukanlah tempat sampah yang bisa seenaknya saja kau buang sampah disana karena ada hukum sebab akibat yang akan terjadi, pernah meliat tulisan apabila prilaku manusia tetap seperti ini maka di perlukan dua bumi lagi untuk beberapa tahun ke depan, kritik dan saran silahkan di komentar

sumber foto : kamera hp gue, dan http://damarsaloka.com untuk foto basecamp